Rabu, 28 Desember 2011

tugas pengantar bisnis 3

TUGAS  1 MATA KULIAH

1.a.Pengertian manajement produksi
Manajement produksi adalah kegiatan untuk mengatur & mengkoordinir    penggunaan      sumber daya-    sumber daya secara efektif dan efisien untuk menciptakan dan menambah kegunaan    barang produksi.
b.Ruang lingkup manajement produksi
1.Seleksi dan desainhasil produksi
2.Seleksi dan perancangan  proses & alat
3.Pemilihan lokasi perusahaan dan unit produksi
4.Rancangan tata letak & arus kerja
5.Rancangan tugas
6.Strategi produksi & produksi
c.Faktor-faktor yang menunjang manajement produksi
1.Adanya pembagian kerja dan spesialisasi
2.Adanya revolusi industry
3.adanya perkembangan alat dan teknologi
4.Adanya perkembangan ilmu pengetahuan & metode kerja yang lebih baik
2.a.Pengertian manajement sumber daya manusia
Manajement sumber daya manusia adalah suatuproses menganalisis & mengelola kebutuhan   organisasi terhadap sumber daya manusia sehingga dapat menjamin tercapainya tujuan & sasaran organisasi.
b.Fungsi operasional manajement sumber daya manusia
1.Perencanaan tenaga kerja
2.Rekrutmen tenaga kerja
3.Seleksi tenaga kerja
4.Orientasi atau pengenalan
5.Latihan dan pengembangan
6.Pemeliharaan dan pengembangan
7.Pemberhentian kerja
c.Kegiatan manajement sumber daya manusia
1.Analisis & desain pekerjaan
2.Uraian pekerjaan
3. Capital  Budgeting Criteria oleh MNC merupakan keseluruhan proses perencanaan dan pengambilan keputusan mengenai pengeluaran dana dimana jangka waktu kembalinya dana tersebut melebihi waktu 1 tahun.


1. Payback Period (PP)
Definisi
→ suatu metode penilaian proyek investasi, dimana metode ini menunjukkan jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan seluruh modal yang digunakan pada initial investment (berapa lama dana yang diinvestasikan akan bisa kembali). Bila usulan suatu proyek investasi PPnya lebih kecil dari umur investasinya maka usulan proyek tersebut layak untuk diterima.
→ kelemahan metode ini : tidak memperhitungkan nilai waktu uang

Contoh :
Suatu usulan proyek investasi sebesar Rp. 1 M dengan cash inflow seperti tabel berikut, namun memperhitungkan nilai waktu dari uang dimana cost of capital                (i) = 15%.
Tahun
CIF
DF (i = 15%)
PVCIF
Investasi yang tertutupi
PP
1
450,000,000
0.870
391,500,000
391,500,000
1
2
500,000,000
0.756
378,000,000
378,000,000
1
3
400,000,000
0.658
263,200,000
230,500,000
0.876
4
200,000,000
0.572
114,400,000
-
-
5
100,000,000
0.497
49,700,000
-
-




1,000,000,000
2.876
Dari perhitungan tersebut maka usulan proyek layak untuk diterima karena PPnya adalah 2 tahun 10,5 bulan < umur investasi proyek = 5 tahun.
Bila tidak memperhitungkan nilai waktu dari uang maka dalam 2 tahun  1,5 bulan investasi sudah kembali.


2. NPV (Net Present Value)
Definisi
→ metode penilaian investasi yang menggunakan discounted cash flow.
(mempertimbangkan nilai waktu uang pada aliran kas yang terjadi)

NPV = Present Value  of Cash Inflows -  Initial Investment

Bila hasilnya ≥ 0 maka usulan proyek layak untuk diterima.
Contoh : sama seperti di atas
Tahun
CIF
DF (i = 15%)
PVCIF
1
450,000,000
0.870
391,500,000
2
500,000,000
0.756
378,000,000
3
400,000,000
0.658
263,200,000
4
200,000,000
0.572
114,400,000
5
100,000,000
0.497
49,700,000



1,196,800,000
NPV = 1,000,000,000 - 1,196,800,000 = 196,800,000 > 0
Maka usulan proyek layak untuk diterima karena NPVnya > 0.


3. PI (Profitability Index) / PVI (Present Value Index)
Definisi
→  nilai tunai semua kas masuk yang diterima sesudah investasi awal dibagi dengan investasi awal.
→  indeks profit dari suatu investasi dengan membandingkan nilai sekarang dari cash in flows dengan investasi awal.
Bila PI ≥ 1 maka usulan proyek layak diterima

PI
=
Present Value of Cash Inflows
Initial Investment

Contoh : sama seperti contoh di atas
PI
=
1,196,800,000
1,000,000,000
PI
=
1.197

Maka usulan proyek layak untuk diterima karena PI-nya > 1.


4. IRR (Internal Rate of Return)
Definisi
→ tingkat discount (discount rate) yang menyamakan nilai sekarang dari aliran kas yang akan terjadi (present value of cash inflows) dengan initial investment suatu proyek. Bila IRR ≥ cost of capital maka usulan proyek layak diterima
Contoh : sama seperti di atas
Dicoba dengan trial & error dengan suatu tingkat bunga sehingga diperoleh NPV yang positif & NPV yang negatif.
Tahun
CIF
DF (i = 25%)
PVCIF
1
450,000,000
0.800
360,000,000
2
500,000,000
0.640
320,000,000
3
400,000,000
0.512
204,800,000
4
200,000,000
0.410
82,000,000
5
100,000,000
0.328
32,800,000



999,600,000


NPV =
-400,000
Setelah dihitung didapat :       IRR    =     24.98 %
Maka usulan proyek layak untuk diterima karena IRR-nya > CoC (24.98% >15%)


Dari ke-4 metode capital budgeting tersebut diatas, yang sering digunakan adalah NPV dan IRR karena :

1.    Analisis didasarkan pada cash flow, baik cash in flow maupun cash out flow
2.    Dalam ke-2 metode tersebut, semua cash in flows dinilaitunaikan (dihitung present value-nya) pada tingkat bunga tertentu (sebesar cost of capital) kemudian dibandingkan dengan investasinya
3.    NPV memberikan gambaran mengenai skala optimal yang dapat diperoleh dari suatu rencana investasi.
4.    Keduanya memperhatikan mengenai time value of money melalui penggunaan tingkat diskonto (discount factor).
Nara sumber: http://ilerning.com/index.php?option=com_content&view=article&id=59:capital-budgeting-criteria-oleh-mnc-&catid=40:mnc-a-kurs&Itemid=72
TUGAS 2 TULISAN BEBAS
1. Dunia   kampus   adalah   dunia   yang   penuh   dengan   berbagai   macam idealisme   yang   berbeda,   kumpulan   dari   idealisme   yang   sama   itu   biasanya dihimpun dalam satu himpunan atau UKM (unit kegiatan mahasiswa),  sehingga mahasiswa   dapat   dengan   bebas  menyalurkan   aspirasi   dan   idealismenya   pada komunitas yang dipilihnya. Dengan terwadahinya aspirasi dan idealisme dari para mahasiswa yang memiliki intelektualitas tinggi maka dapat dikatakan kehidupan di kampus merupakan gambaran dari kehidupan masyarakat yang ideal. Namun tidak   sedikit   ketika   kita   keluar   dari   kampus   dan   menjauh   dari   komunitas mahasiswa   lalu  terjun  ke  masyarakat  maka  kita   akan merasakan bahwa  yang namanya kebebasan dalam menyalurkan aspirasi  menjadi   tidak ada,  kejumudan berpikir   ada   dimana-mana.   Di   sinilah   saatnya   mahasiswa   berperan   sebagai petugas knowledge transfer kepada masyarakat. Di antaranya dengan memberikan pengetahuan   dan   pemahaman   tentang   kehidupan   di   dalam   kampus   serta mengamalkan   ilmu-ilmu   yang   telah   dituntutnya   semasa   kuliah   kepada masyarakat. Rasulullah SAW bersabda
bahwa ada 3 sikap orang dalam menuntut ilmu; naqiyyah,  yaitu yang dapat menerima ilmu kemudian dia mengamalkannya dan mentransferkannya pada orang  lain,  ajaib,  orang  ini  memilki  kemampuan yang   sangat   baik   dalam   menerima   dan   memahami   ilmu   diapun   dapat mentransferkannya pada orang lain hanya dirinya bagaikan ilmu lilin, menerangi sekitar   tapi  dirinya  terbakar,  qi’an,   jangan sampai  kita menjadi  orang  ini  yang tidak dapat menerima ilmu dengan baik dan tidak dapat mentransfernya kepada orang lain (HR Bukhari).
Knowledge   transfer  dapat   kita   lakukan   di   antaranya   dengan   mengadakan penyuluhan,   training,   kerjasama   dan   pengabdian   kepada  masyarakat   sehingga mereka  menjadi   bangsa   yang   cerdas  meskipun   tidak  menempuh   pendidikan tingkat   tinggi  yang diakibatkan mahalnya biaya pendidikan saat   ini.  Meskipun  sebenarnya ada usaha pemerintah untuk mengalokasikan dana pendidikan sebesar 20%   namun   hal   itu   belum   terealisasi   sepenuhnya.   Sehingga   jangankan meneruskan sampai ke perguruan tinggi, masih ada saat ini juga anak-anak yang tidak tamat SD atau mereka yang mesti belajar dengan atap yang bocor dan dindig sekolah yang hampir roboh.
2. sarjana yang berguna bagi masyarakat
Program ini dirancang untuk memberikan para siswa yang ingin mengejar karir dengan lembaga pemerintah, LSM dan perusahaan swasta, dengan pengetahuan dan keterampilan untuk memahami proses-proses perubahan sosial dan pembangunan dan untuk meningkatkan efektivitas mereka sebagai administrator, peneliti, perencana pembangunan, pendidik , atau manajer. Sebagai Australia melibatkan lebih dan lebih dengan negara-negara berkembang di kawasan itu, ada kebutuhan yang berkembang bagi para profesional yang memenuhi syarat untuk bekerja dalam pengembangan masyarakat dan sektor analisis kebijakan proyek pembangunan yang didanai dan organisasi bantuan.

Sementara gelar sarjana dasar di bidang spesialisasi yang relevan berguna untuk jenis pekerjaan, profesional di bidang pembangunan internasional membutuhkan pemahaman tentang implikasi dari perubahan sosial dan politik yang lebih luas di tingkat global yang mempengaruhi kondisi lokal dan kapasitas. Program ini bertujuan untuk membekali profesional dengan pengetahuan teoritis dan diterapkan canggih, yang dapat memenuhi tantangan pekerjaan pengembangan di lingkungan global yang cepat berubah.


3. Belajar adalah suatu proses yang dilakukan oleh manusia secara berkesinambungan untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Akan tetapi, suatu proses belajar yang tidak benar justru akan membuat kita merasa malas dan jenuh. Terlebih lagi pembelajaran terhadap anak, diperlukan metode atau cara belajar yang merangsang anak untuk termotivasi belajar lebih giat.  oleh karena itu, diperlukan metode atau cara tepat sehingga proses belajar berlangsung menarik dan menyenangkan.
Melatih kebiasaan belajar membutuhkan suasana yang menyenangkan. Dalam pengertian yang paling sederhana, kita akan melihat bahwa anak-anak tidak akan senang berada dalam tekanan, dipaksa, dibentak, apalagi diancam dengan hukuman supaya mau belajar. berusaha memahami keinginan anak dengan tetap mengarahkan untuk tetap belajar merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan.  Karena semakin dipaksa untuk belajar maka akan menimbulkan ekses yang tidak baik. Apabila sudah sampai pada taraf ini maka belajar, waktu belajar dan waktu untuk mengerjakan pekerjaan atau tugas sekolah akan menjadi saat-saat yang menyebalkan bagi anak.
Sikap positif orang tua berpengaruh besar bagi kelancaran belajar anak. Namun kelancaran belajar itu pasti tidak akan tercapai kalau suasana belajar tidak mendukung. Karena itu orang tua sebaiknya menyediakan tempat khusus untuk anak belajar.
Selain memberikan ruang khusus untuk privasi belajar anak, orangtua haruslah memonitor belajar anak, karena anak sekarang semakin pintar dalam hal mencari-cari alasan.  Banyak anak yang rajin memegang buku tapi hanya sekedar dipegang, dan parahnya lagi beberapa orangtua menganggap bahwa si anak sudah belajar.  Jadi memang diperlukan peran serta orang tua dalam membimbing anak-anaknya dalam belajar.  karena waktu belajar yang ada di sekolah sangat terbatas.
Peran guru dalam memberikan pengajaran dan bimbingan di sekolah serta perang orangtua dalam mengawasi proses belajar anak dapat disinergikan sehingga target belajar dapat tercapai.  Selain itu, faktor lingkungan juga memberikan kontribusi yang besar terhadap motivasi dan semangat belajar anak.




nama : lani maidia 
kelas : 1eb04
npm   : 24211065

Tidak ada komentar:

Posting Komentar